Kalah, Tidak Membuat Attitude Jepang Berkurang

Fans Jepang sedih akan kekalahan Jepang

Negara Matahari Terbit yang berasal dari Asia ini berhasil masuk kedalam final setelah mengalahkan mengalahkan Iran dengan skor 3-0. Hal ini membuat Jepang menjadi tim yang diunggulkan di final Piala ASIA. Tetapi, apa yang terjadi kebanyakan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Begitu juga dengan kekalahan Jepang pada pertandingan yang diadakan di Zayed Sports Complex, Abu Dhabi pada Jumat 1 Februari lalu, Jepang harus rela menerima kekalahan dari Qatar dengan skor 1-3. Kekalah Jepang membuat Qatar menjadi juara untuk yang pertama kalinya di laga yang paling bergengsi di Asia ini.

Di lain pihak, kekalahan yang yang dialami Jepang merupakan kekalahan pertama yang didapatkan ketika berada di final. Karena Jepang selalu menjadi juara di empat pertandingan ke partai puncak. Dapat terlihat jelas di wajah para pemain Jepang, wajah – wajah yang frustasi dan penuh kekecewaan. Hal ini tentu saja membuat siapa saja yang mengalami hal serupa akan kehilangan mood atau malah mood menjadi rusak. Tetapi, ternyata tidak dengan tim Jepang.

Tim Jepang dikenal selalu melakukan ritual seusai pertandingan, yaitu membersihkan ruang ganti mereka. Dan meskipun kalah, Jepang tetap melakukan hal ini. Hal ini dapat terlihat dari unggahan twitter Federasi Sepakbola ASIA (AFC), Dapat terlihat bawah keadaan ruang ganti jepang sangatlah bersih, seperti tidak pernah dipakai. Juga tidak lupa Jepang menaruh ucapan terimakasih dalam 3 bahasa yaitu Arab, Jepang dan Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *