Langkah untuk mengatasi gejala asma yang kambuh

Penyakit asma merupakan penyakit yang bisa kambuh dimana saja dan kapan saja. Dengan penanganan yang tidak tepat dapat gejala yang ringan bisa membuat serangan asma bisa menjadi fatal. Dengan begitu kalian harus mengetahui cara untuk mengatasi gejala pada saat asma kambuh.

Selain ini baik untuk diri sendiri, namun mengetahui cara dalam mengatasi asma yang kambuh juga penting bagi orang terdekat kalian yang mempunyai asma. Sebab, kalian akan bisa membantu orang terdekat kalian pada saat gejala asma yang kambuh pada waktu yang tidak tepat. Berikut ini merupakan beberapa cara untuk mengatasi asma yang kambuh:

1. Menggunakan obat ataupun alat bantu pernapasan

Secepatnya kalian menggunakan bronkdilator, inhaler, ataupun alat bantu pernapasan yang lainnya agar bisa mengendalikan asma yang kambuh. Cara mengatasi asma kambuh ini diharuskan untuk secepat mungkin dilakukan sebelum gejala semakin melemahkan kalian.

Selain untuk bisa membantu orang yang mengalami asma kambuh. Tanyakan pada seseorang tersebut mengenai reaksi asma dan mencari tahu mengenai langkan selanjutnya yang harus dilakukan. Cobalah untuk membantu mereka dalam menentukan obat-obatan asam contohnya seperti inhaler ataupun alat bantu pernapasan lainnya yang ada pada tas mereka.

Jika pada penderita asma yang kalian temukan tidak mempunyai inhaler, coba segera kalian untuk mencari pertolongan medis. Kalian bisa hubungi 118 ambulan atau juga bisa membawa pasien ke UGD rumah sakit yang terdekat.

Perlu kalian ketahui bahwa jangan pernah mencoba untuk meminjam inhaler dengan orang lain. Inhaler asma pada setiap orang mungkin mempunyai kandungan fungsi, takaran dan jenis obat yang berbeda. Selain itu menggunakan inhaler orang lain bisa memiliki risiko tingginya tertular infeksi.

2. Atur napas pelan-pelan

Gejala asma dapat membuat napas kalian bisa terasa lebih dangkal, tidak stabil, dan cepat. Dengan begitu, ketika berhasil tenangkan diri, kalian perlu mencoba untuk mengatur napas dengan perlahan.

Awalnya kalian lemaskan dulu otot leher dan bahu. Kemudian ambil napas dari hidung dan ditahankan dengan waktu beberapa detik. kerucutkan bibir kalian seperti kalian ingin bersiul dan hebuskan napas dari mulut secara perlahan. Dan kalian juga bisa mengulanginya beberapa kali hingga napas kalian menjadi lebih teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *