Jenis olahraga yang aman untuk pengidap epilepsi

Pada umumnya orang percaya bahwa bagi penderita epilepsi tidak boleh melakukan olahraga ataupun melakukan aktivitas yang cukup berat. Hal tersebut diyakini bisa membuat penderita bisa kambuh atau kejang. Sebenarnya, ada cukup banyak manfaat olahraga bagi penderita epilepsi. Berikut ini ada beberapa jenis olahraga yang aman dan tepat bagi pengidap epilepsi:

1. Bersepeda

Untuk penderita epilepsi, olahraga bersepeda diharuskan untuk menggunakan pengamalan yang lengkap. Jenis olahraga yang satu ini tentu saja bisa membuat kalian terluka bila tidak menggunakan pengaman dan mengalami kejang pada saat bersamaan.

Oleh sebab itu, cobalah agar bisa menghindari jalanan yang ditepi sungai atau pun jalan umum yang ramai. Selain dari pada itu, bagi penderita epilepsi yang telah mencapai 10 tahun tidak diharuskan untuk bersepeda di trotoar.

2. Jogging dan lari

Bila kalian menyukai olahraga dengan jogging dan berlari, kalian perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut agar kejang tidak kambuh:

– Dianjurkan agar didampingi dengan seseorang pada saat jogging atau lari. Ataupun kalian bisa membawa telepon genggam agar bisa untuk menghubungi seseorang bila mengalami kejang.

– Ambillah jalanan dengan penerangan yang cukup terang dan pastikan terbebas dari kendaraan.

– Cobalah untuk hindari berlari dekat tepi danau atau sungai. Bila kalian mengalami kejang, akan dikhawatir bisa tenggelam dan tercebur.

3. Yoga

Jenis olahraga yang satu ini yang sangat bermanfaat bagi penderita epilepsi. Yoga diyakini bisa membantu tubuh untuk menyeimbangkan tubuh dan juga pikiran. Namun, yoga mempunyai banyak macam gerakan.

Untuk orang yang menderita penyakit epilepsi disarankan agar tidak melakukan trataka ( fokus pada objek meditasi) atau melakukan pranayama ( mengatur napas ). Kedua gerakan itu bisa dikhawatirkan akan dapat memicu kejang.

4. Sepak bola

Umumnya olahraga sepak bola aman bagi orang yang menderita epilepsi. Meskipun peluang cedera yang cukup tinggi, badan akan bisa menjadi bugar bila melakukan olahraga yang satu ini dengan rutin. Dengan tubuh yang bugar akan bisa mencegah terjadinya kambuh pada epilepsi. Namun ada yang perlu kalian perhatikan sebelum kalian bermain sepak bola sebagai berikut ini:

– Pikirkan bila kalian tiba-tiba mengalami kejang ketika bermain sepak bola.
– Selalu menggunakan pelindung yang direkomendasikan untuk olahraga tersebut.
– Cobalah untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *