Jenis operasi yang cukup sering direkomendasi bagi penderita kanker tenggorokan

Kanker tenggorokan adalah penyakit yang harus cepat diobati dengan cara yang tepat. Yang memiliki tujuan agar penyakit tersebut tidak menyebar pada bagian tubuh lainnya dan tidak semakin parah. Operasi adalah salah satu cara paling umum dalam perawatan pada kanker tenggorokan. Namun operasi yang satu ini sebenarnya mempunyai banyak macam. Biasanya dokter akan tentukan metode operasi yang tepat bagi pasien dengan stadium, lokasi, dan jenis kanker tenggorokan yang diderita.

Operasi merupakan pilihan paling utama dalam pengobatan bagi kanker stadium awal. Bila stadium telah tergolong lebih lanjut, dokter akan kombinasikan operasi dengan beberapa terapi kanker lain, seperti radiasi atau kemoterapi.

Bagi kanker tenggorokan, prosedur dalam operasi bisa dilakukan dengan atau juga tidak menggunakan sayatan. Berikut ini merupakan beberapa cara umumnya:

1. Tiroidektomi

Kanker tenggorokan dapat ditangani dengan cara operasi tiroidektomi bila tersebar ke bagian kelenjar tirioid.

Tiriodi merupakan kelenjar kecil yang mempunyai bentuk kupu-kupu dan terletak pada bagian dalam pangkal leher, lebih tepatnya pada atas tulang dada. Kelenjar satu ini mempunyai peran agar bisa hasilkan hormon agar bisa proses metebolisme pada tubuh bisa lebih baik. Operasi tiroidektomi bisa dilakukan secara total ataupun sebagian. Bila semua kelenjar tiriod menghilang, tubuh kalian tidak bisa lagi dalam membuat hormon tiroid. Akan tetepi, kalian dapat mengkonsumsi pil hormon tiroid atau levothyroxine agar bisa dapat menggantikan hormon yang hilang pada tubuh.

2. Operasi pada pengangkatan kelenjar getah bening

Jika sel kanker telah tersebar ke dalam kelenjar getah bening atau juga jaringan disekitarnya, dokter juga bisa melakukan operasi pengangkatan kelenjar getah bening tersebut. Diseksi leher merupakan nama prosedur tersebut.

Prosedur diseksi pada leher mempunyai dua jenis, yang selektif atau sebagian dan radikal atau keseluruhannya. Kedua prosedur dibedakan dengan banyaknya jaringan yang dihilangkan atau diambil pada saat melakukan pembedahan. Pada umumnya dalam pengangkatan kelenjar getah bening akan diikuti dengan pengangkatan tumor utamanya.

3. Endoskopi

Sel kanker yang baru saja muncul pada pita suara atau pada permukaan tenggorokan sudah bisa ditangani dengan cara prosedur endoskopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *