Olahraga yang seharusnya dihindari oleh penderita Spondilolistesis

Seseorang yang menderita spondilolistesis umumnya akan mengalami nyeri pada bagian bawah pinggang. Hal tersebut pastikan akan membuat mereka membatasi gerakan yang akan dilakukan, seperti juga pada olahraga. Walaupun sehat, salah memilih jenis olahraga akan bisa membuat dampak yang fatal untuk orang yang menderita spondilolistesis. Supaya tidak membawa dampak yang buruk, berikut ini ada beberapa olahraga yang perlu dihindari bagi penderita spondilolistesis.

Para penderita spondilolistesis tentu saja boleh melakukan olahraga, namun jenisnya perlu untuk disesuaikan kondisi pada bagian tulang belakang kalian. Olahraga yang ringan seperti jogging dan jalan kaki masih termasuk ke golongan yang masih aman sebab tulang belakang tidak akan dapatkan tekanan.

Akan tetapi, ada beberapa olahraga yang perlu dihindari oleh penderita spondilolistesis supaya tidak terhindar dari rasa nyeri dan juga membuat semakin parah gangguan tulang belakang tersebut:

1. Gerakan yang dapat menarik otot punggung, futsal, dan sepak bola

Futsal dan sepak bola merupakan olahraga yang cukup ampuh untuk bisa melatih kalian dalam berbagai bagian tubuh. Akan tetapi, olahraga yang satu ini akan bisa membuat otot pada punggung akan bisa menjadi lebih tegang dengan begitu akan memiliki risiko tinggi dalam penggeseran tulang belakang.

Para penderita spondilolistesis juga butuh untuk hindari gerakan yang dapat menarik otot punggung, bermacam olahraga bela diri, serta senam gimnastik. contohnya seperti sepak bola, olahraga tersebut bisa memicu rasa nyeri serta dapat perparah kondisi pada tulang belakang kalian.

2. Beberapa gaya pada renang

Berenang merupakan salah satu olahraga yang terbilang cukup aman dan sangat disarankan bagi mereka yang mempunyai masalah pada tulang belakang. Akan tetapi, ada beberapa gaya renang yang mempunyai risiko bagi orang yang menderita spondilolistesis.

Ada beberapa gaya dalam renang yang perlu dihindari bagi para penderita spondilolistesis merupakan gaya yang memberikan tekanan yang lebih di pinggang. Seperti, bila melakukan gaya bebas, pastinya kalian tidak terlalu untuk memutar tubuh yang cukup jauh agar tidak menambahkan rasa nyeri di punggung bagian bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *