Aturan penting yang perlu diperhatikan ketika konsumsi suplemen zat besi

Bukan hanya bagi orang yang mengalami kurangnya zat besi, orang yang alami anemia, ibu menyusui dan juga ibu hamil juga butuhkan suplemen zat besi. Bila kalian termasuk pada kelompok orang yang memerlukan konsumsi zat besi, dengan begitu, kalian juga perlu dalam mengetahui aturan konsumsinya. Apa saja aturan yang perlu kalian perhatikan? Berikut ini ada beberapa aturan yang penting perlu untuk kalian perhatikan sebelum mengkonsumsi suplemen zat besi:

1. Konsultasi kepada dokter

Jika telah konsumsi suplemen zat besi namun justru membuat kalian menjadi merasa sembelit, muntah, mual serta efek lainnya, seharusnya kalian secepatnya untuk konsultasi kepada dokter. Hal tersebut mungkin saja dikarenakan oleh dosis suplemen zat besi yang terlalu tinggi. Umumnya dokter akan turunkan dosis sedikit demi sedikit yang akan disesuaikan dengan kebutuhan kebutuhan kalian.

2. Konsumsi bersama dengan suplemen vitamin C

Selain konsumsi menggunakan air mineral, kalian juga diperbolehkan untuk konsumsi suplemen zat besi dengan suplemen vitamin C lainnya atau dengan jus jeruk, kandungan dari vitamin C bisa percepat dalam proses penyerapan zat besi pada tubuh. Dengan begitu kalian akan bisa mendapatkan manfaat dengan maksimal.

3. Hindari makanan tertentu

Suplemen zat besi mempunyai efek samping seperti sembelit, BAB berwarna hitam, diare, muntah, mual ataupun sakit perut. Sehingga solusinya adalah dengan perbanyak konsumsi makanan yang lebih tinggi serat, contohnya seperti buah-buahan, sayur-sayuran, atau biji-bijian agar dapat ringankan efek samping tersebut.

Namun, kalian tidak boleh makan makanan yang mempunyai serat yang tinggi bersamaan pada jadwal konsumsi suplemen zat besi. Sebab, hal tersebut akan bisa hambatkan penyerapan pada zat besi pada tubuh dan juga akan bisa hilangkan manfaatnya.

Efek yang sama jika kalian konsumsi jenis makanan tertentu seperti Obat maag, sereal, gandum, teh, kopi, atau juga minuman berkafein, sayur bayam, susu, telur, keju serta yogurt. Sebaiknya, mengatur waktu minimal 2 jam setelah kalian konsumsi makanan tersebut. Sehingga penyerapan pada suplemen zat besi tidak akan terganggu dan kalian bisa mendapatkan manfaat dengan optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *