Tips minum kopi agar aman bagi orang yang punya maag

Kalian yang memiliki maag seharusnya tidak disarankan untuk konsumsi kopi dikarenakan adanya kandungan kefein yang dapat tingkatkan produksi asam lambung. Asupan kefein yang tinggi bisa iritasikan dinding lambung dan longgarkan otot kerongkongan yang dapta membuat gejala maag mudah untuk kambuh. Akan tetapi, kalian merupakan seseorang pencinta kopi, dan apakah ada cara yang aman untuk konsumsi kopi bagi penderita maag?

Sulit untuk menahan rasa ingin minum kopi namum ragu sebab adanya maag? Namun untuk sesekali untuk konsumsi kopi demi puaskan keinginan seharusnya tidak akan menjadi masalah, namun kali perlu beberapa hal yang kalian ingat seperti berikut ini:

1. Batasi Porsi kopi

Jangan korbankan lambung kalian hanya demi puaskan dengan konsumsi kopi, hingga kalian konsumsi dengan bercangkir-cangkir kopi di dalam satu hari. Bagi penderita maag, Alangkah baiknya kalian batasi dengan konsumsi kopi 1 cangkir dalam satu hari. Bila konsumsi lebih dari takaran itu, sangat dikhawatirkan asam lambung yang bisa saja naik dan akan membuat maag kambuh.

2. Tambahkan susu

Susu adalah minuman yang sangat baik bagi pengidap asam lambung atau maag. Dengan begitu, membuat kopi dengan ditambahkan susu adalah alternatif yang aman agar bisa mencegah maag yang mudah untuk kambuh. Namun kalian perlu untuk memilih susu yang rendah lemak atau susu skim dan kalian perlu untuk pastikan bahwa kalian tidak mempunyai alergi pada susu sapi. Kandungan dari lemak yang tinggi pada susu whole milk atau full cream bisa longgarkan cincin otot kerongkongan pada bagian bawahnya.

Protein pada susu murni tersebut juga bisa berinteraksi pada sejumlah senyawa di kopi yang dapat mendorong asam lambung naik ke atas kerongkongan.

3. Pilihlah kopi yang tidak asam

Jenis kopi semuanya tidak sama. Sesuai dengan cara mengolahnya, ada biji kopi yang memiliki kandungan kafein yang lebih sedikit dan mempunyai rasa yang tidak terlalu asam.

Seperti yang dilansir dari Very Well Family bahwa semakin lama biji kopi yang dipanggang, maka rasanya akan terasa asam, warnanya juga akan semakin hitam, serta kandungan kafein akan menjadi lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *