Pantangan penderita hepatitis yang harus dihindari

Bagi penderita penyakit hepatitis diharuskan untuk lakukan pengobatan dengan rutin supaya bisa pertahankan kondisi kesehatannya. Selain dari pengobatan, dimana penderita hepatitis harus perhatikan berbagai macam pantangan yang harus dihindari agar kondisi tidak semakin buruk.

Hepatitis adalah penyakit peradangan di hati. Kondisi tersebut umumnya akan terjadi disebabkan kondisi tertentu, konsumsi narkoba, hingga konsumsi alkohol. Akan tetapi, ada sebagian besar penyakit hepatitis bisa disebabkan adanya virus, virus tersebut mempunyai 3 macam yang berbeda, yakni hepatitis A, B, dan C

Jika tidak diobati dengan benar, hepatitis bisa menjadi komplikasi. Beberapa komplikasi pada hepatitis bisa akibatkan pada penyakit kanker hati, gagal hati , dan penyakit hati kronis. Agar bisa mencegah hal ini, para penderita hepatitis perlu untuk terapkan pola hidup sehat yang disesuaikan dengan kondisi penderita. Selain dari pantangan pada makanan untuk para penderita hepatitis, berikut ini merupakan pantangan yang penting bagi penderita hepatitis:

1. Stres berlebihan

Stres mempunyai dampak besar yang bisa sebabkan penyakit hepatitis menjadi semakin buruk. Hindari stres merupakan salah satu cara yang dapat kalian lakukan, seperti berkomunikasi dengan sesama penderita penyakit hepatitis. Hal tersebut dapat kalian lakukan dengan cara ikut group yang terdapat penderita hepatitis supaya dapat saling memberi dukungan.

2. Obat yang bisa perparah hepatitis

Para penderita hepatitis, yang terutama pada penderita penyakit hepatitis C, yang diharuskan untuk lebih berhati-hati dengan konsumsi obat-obatan. Obat yang sangat menjadi pantangan bagi penderita penyakit hepatitis adalah seperti obat yang digunakan pada kejang, kolestrol tinggi, kontrol kelahiran, perbesaran prostat dan refluks asam. Kalian juga perlu untuk hindari obat lainnya seperti obat penenang atau obat tidur, NSAID, dan parasetamol.

3. Alkohol

Alkohol akan diproses dengan hati sebagai racun. Alkohol merupakan salah satu penyebab timbulnya penyakit hepatitis bagi seseorang. Dengan begitu, penting bagi para penderita dalam menjadikan alkohol menjadi pantangan, karena dengan konsumsi alkohol dapat perparah kerusakan pada hati.

4. Rokok

Kandungan yang terdapat pada rokok adalah racun bagi tubuh kita, yang juga termasuk pada hati. Sangat penting bagi penderita penyakit hepatitis untuk hindari rokok, supaya kerusakan pada hati tidak semakin memburuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *