Obat herbal yang dapat atasi batu empedu

Sakit pada perut bagian kanan atas, muntah, mual, bahkan demam akan dapat menjadi gejala dari batu empedu. Batu yang terdapat pada empedu umumnya akan bisa dihancurkan menggunakan dengan konsumsi obat yang diresepkan dari dokter. Bila telah menjadi parah, dimana operasi kolesistektomi harus dilakukan supaya batu empedu tidak timbulkan komplikasi yang dapat membahayakan tubuh. Akan tetapi, ada beberapa bahan herbal yang dapat dijadikan obat herbal dalam atasi penyakit batu empedu.

Dengan terlalu banyak bilirudin atau kolestrol pada kantong empedu merupakan penyebab terjadinya pembentukan pada batu empedu. Dengan hal tersebut akan membuat peradangan serta penyumbatan di kantong empedu atau disebut dengan kolesistitis. Bila tidak ditangani dengan baik, maka kondisi tersebut bisa sebabkan komplikasi yang dapat mengancam hidup.

Pilihan dalam pengobatan batu empedu bukan hanya dari operasi atau perawatan medis saja. Kalian juga dapat menggunakan bahan alami untuk dijadikan obat herbal dalam redakan gejala pada batu empedu. Berikut ini merupakan beberapa tanaman alami yang bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi penyakit tersebut :

1. Bunga dandelion

Seperti yang dilansir dari National Center for Complementary bahwa bungan dandelion telah lama dapat digunakan sebagai obat herbal dalam obati gangguan pada saluran hati dan empedu. Ada beberapa orang yang meyakini bahwa akar bunga dandelion bisa rangsangkan produksi cairan empedu yang terdapat di kantong empedu. Umumnya mereka akan menyeduh bunga dandelion yang kering agar bisa dapatkan manfaat tersebut.

Bunga dandelion mempunyai kandungan polifenol yang diinfokan dari penelitian bisa membantu dalam kurangi peradangan serta dapat tingkatkan daya tahan tubuh. Akan tetapi, belum ada bukti yang kuat mengenai bunga dandelion menjadi obat herbal bagi penderita batu empedu.

2. Artichoke

Bagian pada akar, batang, serta daun Cynara scolymus atau sering disebut dengan Artichoke diyakini bisa digunakan untuk obat herbal dalam meredakan gejala pada batu empedu. Akan tetapi, tanaman herbal yang satu ini bukanlah obat herbal yang bisa hancurkan batu empedu, namun hanya dapat membantu dalam turunkan kolestrol yang bisa sebabkan batu empedu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *