Jaga Kesehatan dengan Vitamin dan Istirahat yang Cukup

“Jika instagram atau seluruh media sosial dihapus dari muka bumi ini, akankah kau akan tetap menemui dia?” Tanya “aku yang lain” kepadaku. Kujawab, “tentu saja! Karena dia adalah sebuah kebutuhan, bukan eksistensi” “Jika seluruh kamera atau segala benda yang bisa merekam di bumihanguskan dari muka bumi ini, akankah kau tetap mendaki?” Tanya “aku yang lain” lagi
“Tentu saja! Aku masih punya otak, buku tulis dan bolpoint untuk merekam segala hal yang kudapat dari setiap langkahku”

Buat wanita yang doyan traveling kayak aku, kesehatan adalah kunci utama biar jalan makin bahagia. Bulan puasa bukan berarti stop traveling, aku tetap main sebagaimana biasanya. Untuk memelihara daya tahan tubuhku, aku siapkan REDOXON dengan 5 kebaikan redoxon yang mengandung kombinasi 1000mg Vitamin C dan 10mg Zinc. Mari jaga kesehatan agar ibadah semakin maksimal.

Sinar mentari pagi, sahabat yg easy going, udara luar dan redoxon id adalah kombinasi vitamin hidup yg cukup untuk bisa bikin wajah cerah seharian karena bahagia. Matahari yg menghangatkan dari kabut pagi, sahabat yg menyenangkan nurani, udara luar yg menyejukkan sanubari, dan REDOXON yg memelihara daya tahan tubuh dengan 5 kebaikan redoxon di Bulan Suci ini. Bisa diminum setelah makan sahur, atau setelah makan besar buka puasa. Mari menjaga daya tahan tubuh bersama redoxon.

Sebagai perempuan yang sehat, aku juga selalu merawat tubuhku karena Tuhan telah menitipkan tubuh ini. Bulan suci Ramadhan adalah ladang ibadah. Untuk memaksimalkan ibadahku, aku harus selalu dalam keadaan sehat dan juga wangi. Wangi merupakan rasa kenyamanan batin yang penting untuk dipenuhi.

Kasturi adalah wewangian surga yang paling disenangi oleh Nabi Muhammad SAW. Selain wangi, kasturi ternyata juga dapat membersihkan kuman yang mampir di badan kita setelah beraktivitas seharian.

Lifebuoy kini ada varian baru, Kasturi Musk! Selain menghilangkan kuman, aku juga bisa mendapatkan keharuman luar biasa setelah mandi. Dengan Lifebuoy Kasturi Musk, aku dapat memaksimalkan ibadahku dengan tenang, nyaman dan sehat

Traveling Menyenangkan di Tempat Indah Ini

Gardens by The Bay Singapore

Lampu dan pencahayaan malam di Gardens by the Bay Singapore adalah hal terbaik yang dapat dijadikan sebagai salah satu pengalaman tak terlupakan. Desember kemarin ada banyak yg menarik di Gardens by the Bay. Selain ada light shownya, karena bertepatan dengan bulan Christmas, ada banyak dekorasi keren di sana, super instagrammable!

Yang keren dari Singapore kalo bulan Desember itu ada banyak dekorasi cantik di tempat-tempat turis, kamera pokoknya gak berhenti ambil gambar. p.s. buat yg suka ribet masalah internet pas travel abroad, cusss cek wifi republic gih, aku selama ke singapore bulan kemarin, internet lancaaaar, gak repot ganti ganti sim card! Bisa sharing sampe 5 orang!

Teras Sapa Vietnam

Salah satu tempat yang dapat melihat pemandangan lanskap indah negara Vietnam adalah Teras Sapa. Pas aku bikin story tentang Sapa, buanyaak banget yg ngebanding-bandingin sama terasering di Indonesia.

Dari sini aku sedih karena ternyata banyak dari temen-temen yg belum open minded. Traveling itu sebuah perjalanan mendapatkan pengalaman yg baru.
Meskipun landscapenya mirip, bukan berarti pengalaman yg kita dapat mirip juga.

Sapa benar-benar luaaas banget. Di sini aku nyobain banyak makanan khas Vietnam yg supeeer enak! street foodnya dabest! Belum lagi pengalaman naik motor di jalanan yg slipperyyy dan ngeri karena sampingnya langsung jurang.
Aku percaya, setiap destinasi yg aku kunjungi pasti memberikan warna baru.
Kalo ditanya mana lebih bagus Sapa atau Tegalalang di Ubud? Aku males jawab gak mau banding-bandingin, karena keduanya sama-sama keren, tapi pengalamannya bener-bener beda! A Must visit place deh di Vietnam.

Danau Jerman

Saya tidak bisa mendapatkan perasaan cukup ketika pemandangan di Eropa! Saya melakukan perjalanan spontan ke Jerman dengan Ben dan berkendara ribuan kilometer dengan mobil. Jika Anda berencana untuk bepergian ke Eropa, saya rasa Anda harus mempertimbangkan untuk menyewa mobil, ini adalah cara terbaik untuk mengalami dan melihat pemandangan terbaik di Eropa!

Menyenangkan Bisa Berkunjung ke Korea

Siapa yang tidak memimpikan untuk pergi ke negara Korea? Salah satu negara maju ini berkembang sangat pesat sekali padahal dulunya di Korea Selatan tidak ada hal menarik yang dapat dilihat. Namun lihatlah sekarang. Semua orang berlomba – lomba untuk mengunjungi tempat ini dan melihat keajaiban yang ada.

Korea Selatan sangat terkenal sekali dengan drama yang mendunia. Drama – drama korea saat ini menjadi tontonan seluruh kalangan dari berbagai macam usia yang ada di seluruh dunia. Selain itu, negara ini juga sangat terkenal dengan operasi plastik yang canggih. Banyak orang yang rela merogoh kocek mahal untuk melakukan operasi plastik di korea.

Seneng banget pagi ini bisa balik lagi korea, denger denger lagi autumn ya disana? Pengalaman autumn pertama kali yey rasanya sangat menyenangkan dan mengembirakan. Sampai sekarang rasanya masih seperti mimpi loh!

Hari pertama, yang saya kunjungi adalah Ikseon-dong!! Desa ini berumur 100 tahun yang sekarang di sulap jadi tempat wisata yang banyak cafe uniknya. Suka banget sih sama tempat ini banyak kerajinan tangan dan restaurant yang super gemes. Pokoknya kalo ke seoul wajib cobain makan disini atau sekedar ngopi.

Ada lagi salah satu tempat yang mencengangkan dan cuma bisa kalian lihat di Korea loh. Namanya adalah Coex Mall Starfield Library. Ada perpustakan sebesar ini didalem mall, patut dicontoh sih ini di indonesia. Perpustakaan ini ada didalem starfield coex mall di daerah gangnam, pas masuk kaget sendiri tinggi banget raknya dan ada lebih 50.000 buku disini dan enaknya untuk kesini dan baca buku gaperlu pake akses atau bayar semua gratis.

Lanjut lagi pas di seoul jalan jalan ke dongdaemun district mata langsung ke deistract sama bangunan ini di pinggir jalan, kok kaya arsitekturnya bagus banget!! .

makin deket makin keren lagi ternyata bangunan ini namanya dongdaemun design plaza karya zaha hadid dan samoo. Bangunan Neofuturistik ini merupakan kompleks kebudayaan, lahan terbuka hijau, pusat perbelanjaan, studio kreatif, dan convention hall.

Peru Miliki Tempat Wisata Alam yang Mencengangkan

Susah rasanya memilih mana destinasi terbaik kami selama di Peru. Namun ada 1 kota kecil yang cukup membuat kami sedikit rehat sejenak dan bersantai menikmati sore. Yakni Ollantaytambo.

Bahkan Yudi pun me request untuk kembali ke kota ini hanya untuk duduk bersantai menikmati matahari terakhir sebelum kami kembali ke tanah air keesokan harinya.

Kurang lebih 90km dari kota Cusco, kota ini berhawa sejuk, geliat pejalan dan penduduk lokal yang tertata namun tidak penuh sesak, walau kota ini merupakan kota wisata yang selalu dikunjungi pejalan sebelum ke Machu Pichu.

Di masa pendudukan Spanyol di Peru, kota ini menjadi markas pemberontak bangsa Inka Manco Inca untuk melawan serbuan pasukan negeri matador pimpinan Hernando Pizarro. Dikelilingi perbukitan termasuk bukit Urubamba, kota ini merupakan benteng bagi suku Inka, teras, tempat pemujaan dan juga tempat penyimpanan logistik, yang dimana ditempatkan diatas bukit. Masih tertata rapi situs peninggalan bangsa Inka di atas bukit yakni, Situs arkeologi Pinkuylluna yang diapit sungai Patakancha & Willkanuta. Dengan presisi bangunannya yang mengagumkan.

Tata kota tua ini pun juga menarik, dimana lapangan/taman kota/alun-alun tepat berada di tengah, dikelilingi bangunan pemukiman dan tempat berjalan kaki yang terbuat dari bebatuan yang masih awet hingga kini.

Kami menghabiskan malam di sini sembari menikmati cuaca sejuk dan ketenangan kotanya. “Saya suka disini, santai, adem, mengingatkan saya akan kampung halaman di Sumatera Barat, bang!” Ujar Yudi selepas menghabiskan santapan makan malam bebek panggang & teh daun coca. “Kita bersyukur Yud, sebab sejauh kaki kita melangkah, aroma tanah air terus ada di hati kita.” Tutup saya sembari menyeruput kopi hitam.

Satu yang menarik perhatian kami selama di Old Town Ollantaytambo, ialah ketika menyusuri blok demi blok bangunan perumahan yang kini sudah beralih fungsi menjadi hotel, cafe, restaurant atau galeri seni.

Kota tua Ollantaytambo ini menjadi salah satu kota peninggalan bangsa Inka di Peru yang masih menjaga keorisinilan konstruksi jalanan atau bangunannya. Boleh dikata disini adalah contoh nyata dari perencanaan tata kota urban yang efektif dan mengagumkan warisan karya bangsa Inka 600 tahun lalu.

Setiap bebatuan yang kita pijak maupun dinding yang kita lewati masih asli dan terawat, walau di beberapa bloknya pernah mengalami restorasi di salah satu sudut dindingnya. Langkah demi langkah kami nikmati dengan syahdu penuh kagum.

Menyusuri di tiap bloknya seakan berada di lorong mesin waktu yang membawa kita kembali masa lampau era komando Manco Inca Yupanqui. Sebab tak hanya sekedar berinteraksi dengan batu saja, namun mereka menyimpan memori dan membawa kisah.

Begitupun barisan cafe dan galeri yang kami kunjungi, terdapat aneka kisah pejalan yang silih berganti menikmati kota tua ini dari masa ke masa. Hingga lamunan saya mengerucut, membayangkan bagaimana Hiram Bingham, Che Guevara, Michael Palin, sampai Reynaldo Arenas menikmati sorenya ketika singgah di kota kecil nan unik ini.

Kabut Asap Tutupi Keindahan Berau dan Sekitarnya

Dapat mencicipi sensasi minum Kopi Flores di Wae Rebo secara langsung adalah salah satu special moment bagi saya. Sensasinya luar biasa ketika saya dapat merasakan minum kopi Flores langsung ditempat pembuatannya, saya dapat melihat secara langsung bagaimana bijih kopi itu dipetik, dijemur, disangrai, ditumbuk hingga diseduh langsung didepan saya. Ditambah keramahan dan kehangatan warga sana semakin menambah spesial ritual minum kopi kala itu meskipun sedang di musim asap.

Syukurlah hari ini Derawan dan sekitarnya mulai sedikit cerah daripada kemaren, beruntung kabut asapnya mulai menipis. Sedih kan rasanya pas lagi liburan gini gak bisa nikmatin keindahan Pulau-pulau disini dengan maksimal karena terhalang kabut asap.

Trekking menuju Danau Kakaban, trekkingnya cuma bentar gak nyampe 5 menit. Danau air payau disini unik banget, karena memiliki ekosistem yang unik dimana didalamnya terdapat hewan dan tumbuhan endemik. Jadi lo bisa berenang bareng ubur-ubur yang banyak banget jumlahnya tapi gak menyengat, anemon yang berwarna putih dan algae yang banyak banget di dasar danau. Sayangnya karena gue geli ama ubur-ubur jadi gue gak nyelam lama, cuma jadi penonton aja.

Ngomong – ngomong, udah kangen nih ama langit biru, tiga hari disini gak ada sama sekali matahari muncul, asap dimana-mana. Yuk jangan sampe kita jadi saksi diam tanpa aksi, gabung dan tunjukin aksi kalian melawan asap di http://melawanasap.com.

Semoga kabut asap disini cepat berlalu. Sempat kaget pas nyampe Berau disambut dengan kabut asap, sempat sesak nafas sedikit. Ditambah ketika perjalanan dari Berau ke Tanjung Batu banyak hutan terbakar. Efeknya, lautan di Derawan jadi gak begitu biru, langit gelap, pandangan terbatas. Sekali lagi, semoga kabut asap ini cepat berlalu.

Harapan saya adalah juga untuk kedepannya tidak adal lagi oknum yang mementingkan kepentingan pribadi. Kalau begini kan kasihan masyarakat sekitar yang tidak tahu apa – apa harus menghirup asap setiap hari. Padahal awalnya Berau yang tanpa asap sangat indah sekali bak surga dunia.